Harddisk atau Drive Terdeteksi tetapi tidak tampil di explorer - Blogspot Syawal

Harddisk atau Drive Terdeteksi tetapi tidak tampil di explorer

Sungguh panik sekali pertama kali saya mengalami hal ini, tetapi sekarang saya tidak panik lagi setelah mengetahui cara mengatasinya. Cerita ini dimulai waktu saya memutuskan bermigrasi dari Windows 7 ke Windows 10. Selama ane menggunakan windows 7 saya mempunyai partisi aktif yaitu Harddisk 1 ( Drive C:) dan (Drive E:) sedangkan Harddisk 2 (Drive D:) semua Harddisk tersebut berisi data penting.

Petaka muncul setelah saya menginstal Windows 10, Harddisk ane tinggal Harddisk 1 ( Drive C:) dan Harddisk 2 (Drive D:). Kemana Drive Ekseternal saya yang kapasitas 1TB.



 Klik gambar untuk memperbesar

Buru-buru ane cek ke Device Manager gan, anehnya Harddisk ane kedetek semua dan partisinya juga kedetek. Tapi aneh benar-benar aneh karena tidak muncul juga di explorer. Malah yang keluar system reserved.

Kemudian setelah saya cari  ternyata masalahnya adalah pada drive letternya. Iya drive letter pada partisi harddisk ku ada yang hilang.


Klik gambar untuk memperbesar

Untuk mengembalikannya adalah klik menu File di Windows Explorer kemudian pilih "Manage"

Klik gambar untuk memperbesar

Perhatikan gambar diatas, Harddisk dengan label Data 2 tidak mempunyai driver letter seperti Harddisk Data 1 yang mempunyai drive letter F:
Ini penyebab kenapa Harddisk ane gak tampil di Explorer, untuk mengatasinya kita harus memberikan secara manual drive letter untuk Harddisk Data 2
Caranya adalah klik kanan pada Harddisk yang tidak mempunyai drive letter tersebut kemudian pilih dan klik "Change Drive Letter and Path"


Klik gambar untuk memperbesar

Kemudian pada "Assign the following drive letter :" pilih drive letter yang diinginkan.
Misal yang saya gunakan adalah E: (Dengan syarat E: belum digunakan oleh drive lain)


Klik gambar untuk memperbesar
kemudian klik OK,

Tara.....
inilah hasilnya, Harddisk Eksternal saya sudah mempunyai drive letter dan sudah bisa diakses di Explorer.
Sebenernya hal seperti ini sederhana dan mudah banget gan, saya dulu juga pernah ngalami beberapa kali tapi sering terlupakan. Maka dari itu saya tulis di blog ini. Semoga bermanfaat ya sahabat

















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harddisk atau Drive Terdeteksi tetapi tidak tampil di explorer"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...