Cara Mudah Membuat RDP Windows 10 di Digital Ocean - Blogspot Syawal

Cara Mudah Membuat RDP Windows 10 di Digital Ocean

Sebenarnya, secara resmi DigitalOcean belum menyediakan sistem operasi Windows untuk VPS atau Droplet yang kita buat pada cloud hosting tersebut. Namun syukurlah ada cara agar sistem operasi Windows dapat di Install pada VPS DigitalOcean tersebut. Pada postingan ini, saya akan menunjukkan langkah-demi langkah membuat RDP di DigitalOcean dengan modal $5. Bagi Anda belum memiliki akun DigitalOcean, silakan daftar melalui link berikut ini untuk mendapatkan voucher gratis sebesar $50 saat Anda melakukan pendaftaran.

Voucher $50 dari Digital Ocean

Jika Anda mendaftar melalui link diatas maka voucher $50 akan langsung masuk ke saldo akun Anda, jika tidak melalui link tersebut, maka Anda tidak akan mendapatkan bonus $50.

Perlu diketahui, biaya terendah untuk membuat droplet adalah sebesar $5. Bonus saldo $50 tentu saja bisa Anda gunakan untuk membuat beberapa droplet sekaligus dengan spesifikasi yang Anda kehendaki tentunya. Dengan $5 saja kita dapat memiliki RDP di cloud hosting DigitalOcean. Murah bukan? Ok, langsung saja kita mulai tutorial cara mudah membuat RDP Windows 10 di DigitalOcean ini.



Tutorial akan dimulai dengan membuat droplet dan dilanjutkan dengan membuat RDP Windows 10 pada VPS yang kita buat tersebut. Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah menginstal aplikasi Putty. Dari pengalaman saya saat membuat postingan ini, Install Windows 10 melalui console tidak berhasil. Jadi, saya sarankan untuk untuk menggunakan Putty.

Cara Mudah Membuat RDP Windows 10 di DigitalOcean

1. Membuat Droplets

Klik tombol berwarna hijau yang bertuliskan Create, lalu pilih dan klik Droplets


Pilih Image Ubuntu 18.04 x64 sebagai system operasi VPS yang akan kita pakai nantinya. Lalu pilih plan Standar, dan pilih virtual mesin yang $5/bulan / $0.007/bulan. Anda boleh memilih spesifikasi server yang lebih tinggi jika saldo Anda lebih dari $5. Namun dalam contoh ini, saya memilih spesifikasi server yang paling rendah.

Berikutnya, silakan pilih lokasi server. Dalam contoh ini, saya memilih lokasi server San Fransisco. Lalu beri nama VPS Anda. Pada contoh ini, saya memberikan nama untuk VPS saya Windows-10. Terakhir silakan klik tombol Create Droplets


Jika droplets selesai dibuat, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Selanjutnya adalah menginstal Windows 10 pada droplets atau VPS yang baru saja kita buat.

2. Install Windows 10

Matikan droplets atau VPS yang telah kita buat tadi, dengan cara klik tombol On/Off
Sebelum VPS atau droplets shutdown, akan ada peringatan.Klik tombol Turn off untuk melanjutkan.

Selanjutnya, masuk ke bagian Recovery, lalu pilih Boot from Recovery ISO

Hidupkan kembali droplets Anda, lalu klik Console
Lakukan mount image disk dengan cara mengetik kan angka 1 lalu tekan enter

Jika disk telah ter-mount maka akan berwarna hijau
Salin password root yang tertulis disana. Password ini kelak akan kita gunakan saat masuk menggunakan Putty atau console lainnya

Tutup console, lalu buka Putty. Masukkan IP droplet Anda, lalu klik tombol Open. Dalam contoh ini, IP droplets yang kita gunakan adalah 178.128.21.225


Jangan lupa, masukkan password root yang telah Anda catat sebelumnya, bukan password yang dikirimkan oleh DigitalOcean ke email Anda

Langkah selanjutnya adalah download dan install Windows 10 pada droplets VPS DigitalOcean Anda dengan mengetik-kan perintah berikut ini, lalu tekan enter

wget -O- https://archive.org/download/10.ENT.x64.EVAL.USEnglish_201902/10.ENT.x64.EVAL.US-English.gz | gunzip | dd of=/dev/vda


Tunggu sampai download atau selesai. Lamanya waktu wget / download tergantung dari koneksi pada internet VPS Anda saat itu. Jika download telah selesai, maka pada layar Putty Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini.


Langkah terakhir, tutup Putty, lalu matikan droplet, kemudian pilih Boot from Hard Drive. Dan hidupkan kembali droplets.

Masuk kembali ke console untuk meng-konfigurasi IP network RDP Windows 10 yang baru saja kita install. Login menggunakan:
username: WhatUpTime.com
password : P@ssword64

Masukkan IP Address, Netmask dan Gateway, sesuai yang tercantum pada console VPS Anda. Seperti gambar di bawah ini. Setelah semua data Anda masukkan akhiri dengan menekan tombol OK.


Bila setting IP address yang Anda masukkan benar, maka tidak ada lagi tanda seru berwarna kuning pada ikon Networking pada RDP Windows 10 Anda.

Sampai di sini, install dan setting RDP Windows 10 pada VPS DigitalOcean telah selesai, dan siap digunakan. Namun sebelum digunakan, sebaiknya user dan password Anda ganti terlebih dahulu demi keamanan RDP Anda.

3. Mencoba RPD Windows 10 DigitalOcean

Buka RDP pada PC atau laptop Anda, lalu masukkan IP Address RDP Anda.


Itulah tadi cara mudah membuat RDP Windows 10 di DigitalOcean yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan RDP full control sesuai keinginan dan kebutuhan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mudah Membuat RDP Windows 10 di Digital Ocean"

  1. wow, sangat membantu Bang. Kebetulan lagi cari rdp murah. Terima kasih ya. Mampir ke blog saya juga :D

    ReplyDelete
  2. In any case whether your website is a tremendous enterprise limited time device or perhaps a region to run you and your family illustrations for the entire family to show cross country you proceed to are probably going to must have a web have.
    https://onohosting.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...