Siapa itu Indira Kalistha dan Apa Yang Membuatnya Viral? - Blogspot Syawal

Siapa itu Indira Kalistha dan Apa Yang Membuatnya Viral?

Setelah beberapa waktu lalu, Indonesia viral dengan Prank Youtuber bernama Ferdian Paleka, beberapa hari ini semua lini sosmed saya mulai dari facebook, ig, twitter, youtube dihebohkan dengan satu nama yang cukup asing di telinga saya. Ya, dia adalah seorang youtuber (juga) yang bernama Indira Kalistha. Ada apa dengan dia dan mengapa dia begitu viral beberapa hari terakhir ini? Saya tidak memberikan pendapat namun melansir beberapa pendapat tentang dia, berhubung saya sendiri tahu tidak siapa dia. Nah, yang paling menarik perhatian adalah satu jawaban di Quora dari Seorang Quorawan Bernama Dewi Lanjar. Berikut kutipannya :

Jujur, di sini saya bukan subscriber atau pun followers dari Indira Khalista. Tapi sedikit miris mendengar namanya jadi trending topic di Twitter dalam kurang lebih setahu saya 3 hari berturut-turut.

Mari kita bahas awalnya.

Saya belum sempat menonton video youtube dari Gritte Agatha mengenai bincang-bincangnya bersama Indira Khalista. Tapi saya melihat beberapa potongan klip yang sempat menghebohkan nama Indira Khalista di twitter. Indira intinya berbicara bahwa dia kalau selama masa pandemic ini keluar pakai masker hanya jika diingatkan oleh orang lain, jika tidak ada yang menyuruh dia tidak akan memakai.

Kedua, dia juga bilang sehabis terima pesanan dari abang pengantar makanan, langsung makan tanpa cuci tangan. Ini juga jelas salah. Pemerintah bahkan sudah mengingatkan berkali-kali mengenai hal ini, aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah juga cukup jelas dan tersebar luas di semua kalangan. Jelas, argumen yang dikeluarkan oleh Indira pada video tersebut SALAH.

Tapi, di sini juga ada hal yang disayangkan yang dilakukan oleh penduduk twitter. Karena berita Indira sedang naik, ada oknum-oknum yang justru meng-Up masalah suami Indira, AA Utap, tentang DM dia dengan seorang followersnya. Padahal itu berita lama, udah tahun lalu.

Aneh gak? Aneh menurut saya. Di sini konteksnya tentang Indira yang salah ngomong, tapi orang-orang justru menambahi bumbu supaya makin panas dengan Up berita suami Indira. Yang jelas-jelas gak ada sangkut pautnya dengan masalah Indira di video Gritte buka praktek tersebut. Orang Indonesia memang ngeri, yang salah siapa tapi malah ditambahi bumbu pedas supaya makin hot dan terkesan lingkungan keluarga Indira buruk di mata netizen.

Ditambah lagi, ketika keluarga atau rekan Indira post foto berdua dengan Indira di instagram dan berusaha menyemangati, justru orang-orang malah gak terima. Orang-orang bilang buat apaan post foto gituan.

Terus kenapa? Emang salah mereka menyemangati keluarga atau rekan mereka yang lagi down atas tindakannya sendiri? Ya tau Indira salah, tapi kenapa jadi orang yang mau nyemangati seolah disalahkan, seolah gak boleh upload foto berdua dengan Indira. Kayaknya gak ada pelarangan buat "tidak bolehnya menyemangati rekan sendiri" gak pernah dengar saya kalimat begitu.

Miris kan? Iya miris, Indonesia netizennya ngeri semua

Lagi, saya melihat potongan klip video di Twitter saat Indira ada di Podcast Om Deddy bersama suaminya. Di situ Indira mengaku salah, mengakui bahwa omongannya ngawur atau nglantur. Dengan durasi hanya 28 detik kalau gak salah.

Oke, tapi gak berhenti sampai disitu.
Netizen tetap berlanjut menghujat Indira bersama suaminya (btw saya gak tau suaminya ngomong apaan di podcast tersebut, saya tidak nonton full podcastnya). Menghujat yang mana Indira cuma minta maaf segitu doang? Iya salah, dia salah banget, tapi setidaknya dia udah minta maaf kan? Dia ngaku kalau dia ngomongnya nglantur kan? Tapi kenapa tetap aja masih jadi trending topic no 1 di Twitter, ya karena masih banyak yang belum puas dengan sebuah permintaan maaf kecil seorang Youtuber. Pengennya orang-orang pasti Indira bikin minta maaf yang besar atau sejelas-jelasnya. Biar mereka puas.


Saya pribadi berusaha mikir "oke udah minta maaf berarti dia ngaku salah dong." Kelar, maafin. Terlepas dia pernah bikin masalah lain atau gak, seenggaknya dia ada itikad baik buat sekedar kata MAAF. Terlepas nanti ke depannya bakal gimana, bakal ada masalah atau gak, ya biar dia selesain masalahnya sendiri.

Saya cuma miris netizen Indonesia kalau jadi kompor no 1, cari kesalahan no 1, tapi sampai orangnya minta maaf gak bisa no 1. Tetap aja nanti diungkit-ungkit masalah kemarin. Terserah sebenarnya orang mau berpendapat apa, atau ada yang mikir itu resiko dia karena udah berbuat salah. Tapi kembali lagi ke diri masing-masing ajalah, setiap orang punya letak salahnya sendiri. Aku, kamu, dia, mereka, kita semua punya porsi salah dan dosa masing-masing, tapi sialnya orang-orang besar dan terkenal akan lebih mudah dapat banyak hujatan dibandingkan kita yang kecil.

Saya hanya menyimpulkan dari beberapa potongan klip video yang sempat heboh di Twitter. Untuk nonton fullnya yang podcast om deddy saya tidak berminat sama sekali dan untuk yang video gritte sudah di take down. Sekian, maaf kalau ada yang merasa tidak setuju dengan pendapat saya boleh melontarkan pendapatnya di kolom komentar.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa itu Indira Kalistha dan Apa Yang Membuatnya Viral?"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...