Cara Memasang app-ads.txt Admob Gratis - Blogspot Syawal

Cara Memasang app-ads.txt Admob Gratis

Halo sobat dimanapun berada, pagi ini iseng-iseng cek akun admob saya dan cukup terkejut melihat notifikasi di halaman beranda. Ada peringatan untuk menambahkan file app-ads.txt ke dalam aplikasi admob saya. Jadi kali  ini saya akan membahas tentang tutorial bagaimana Cara memasang app-ads.txt Admob secara gratis


Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diperhatikan cara yang saya gunakan adalah menggunakan Smartphone android dan hanya khusus untuk pengguna Aplikasi android saja, tidak teruntuk Os Ios.



Pertama-tama saya akan membahas terlebih dahulu apa sih app-ads.txt tersebut, apa fungsinya dan kenapa harus dipasang di aplikasi yang notabene memonetize iklan. Dalam membuat blog atau web, tentu sudah tidak asing lagi bagi sobat mendengar kata app-ads.txt yang mana dipasang di berbagai blog, namun apa jadinya jika app-ads.txt tersebut harus kita pasang di aplikasi milik sendiri yang sudah berada di Google Play Store.

Sebelum memahami apa itu app-ads.txt yang harus dipasang di aplikasi kita sendiri, tentunya sobat harus sudah paham betul kedua hal dibawah ini tentang apa itu Google Play Console dan Admob.


Google Play Console merupakan sebuah alat berupa web pengembang yang dikhususkan untuk para pembuat aplikasi atau game di android sebelum mereka mempublikasikan aplikasinya di Google Play Store. Untuk mendapatkan akses ke Google Play Console tentunya tidak gratis, sobat harus mendaftarkan akun terlebih dahulu. Istilah yang sering dipakai adalah akun Godev atau Developer Android.

Admob adalah penyedia iklan untuk aplikasi di android yang kita pasang. Sebenarnya Admob dan Adsense merupakan sebuah perusahaan yang sama, hanya berbeda cabang. Jika kita mengenal Adsense untuk blog atau web, maka Adsense untuk aplikasi di android adalah Admob. Untuk memasang iklan dari Adsense Admob tersebut tentunya sobat harus mempunyai akunnya terlebih dahulu yang kemudian nanti dimasukan kedalam aplikasi kita sendiri.

Tanggal 8 Agustus 2019, Google Admob meluncurkan peraturan terbarunya untuk diterapkan pada setiap aplikasi yang ingin dipublikasi di Google Play Store. Setiap developer console aplikasi di seluruh dunia pasti mendapatkan email yang berisi tentang peraturan baru, yaitu harus menerapkan app-ads.txt kedalam akun Admob yang dimonetize ke dalam aplikasinya.

Peraturan baru tersebut tentunya membuat bingung para Developer seluruh dunia, karena masalah yang terjadi adalah ketidakjelasan pihak Google dalam memasang app-ada.txt tersebut. Akhirnya saya berhasil memahami dan berhasil untuk memasang kebijakan terbaru tersebut.

Sebenarnya cara untuk memasang app-ads.txt tersebut harus dengan membuat website atau sebuah hosting beserta domain yang berbayar. Tentunya kalau kita tidak mempunyai modal, kita tidak bisa melakukannya karena harga hosting dan domain lumayan mahal untuk yang suka mencari gratisan.
Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara agar app-ads.txt terpasang di Admob dan tersingkron di aplikasi kita secara Gratis.

Berikut tutorialnya.

Cara Memasang app-ads.txt Di Aplikasi Secara Gratis

Pertama-tama sobat buka akun Admob dan klik Aplikasi > Semua Aplikasi. Kemudian klik kolom APP-ADS.TXT. dan klik "CARA MENYIAPKAN APP-ADS.TXT". Kemudian akan muncul notifikasi, itu adalah kode app-ads.txt milik sobat, kemudian Salin dan tempelkan di catatan atau di notepad di Smarthone sobat.
Setelah disalin, sobat masuk kehalaman dibawah ini:


Setelah masuk, kemudian klik Registrasi atau Daftar untuk pertama kali. Masukan email dan sandi sobat. Kemudian verifikasi email dan selesai.
Setelah masuk, kita isikan alamat Link salahsatu aplikasi kita di Google Play Store. Kemudian klik Next untuk melanjutkan. Lihat gambar.


Setelah itu sobat akan diarahkan pada inti dari penempelan kode app-ads.txt, Tempelkan kode app-ads.txt milik sobat yang tadi disalin di notepad. Lihat gambar.


Kemudian klik lagi untuk melanjutkan, maka sobat akan ditunjukan berupa kolom alamat link file app-ads.txt tersebut, kemudian simpan. Namun bukan itu alamat link yang akan kita salin. Link asli yang akan kita pakai adalah versi Live nya, agan tinggal gulir kebawah Klik tulisan "App-ads.txt live version". Lihat gambar.


Jika kita klik app-ads.txt live versionnya dan masuk ke browser seperti gambar dibawah ini, berarti step by step sudah sobat jalankan dengan benar dan salin alamat web tersebut. Lihat gambar.

Setelah disalin versi livenya, kemudian masuk ke akun Developer sobat. Masuk ke Google Play Console kemudian klik Aplikasi kita > Keberadaan Toko > Listingan Toko > Detail Kontak > Situs web. Tempelkan alamat web dari app-ads.txt tersebut di situs web yang ada di halaman keberadaan toko kemudian simpan dan Publikasi. Lihat gambar.



Cara ini berfungsi untuk seluruh aplikasi kita di Google Play Console, sobat bisa tempelkan di seluruh situs web keberadaan toko yang terdapat di dalam aplikasi sobat. Setelah sobat menyimpan dan mempublikasikan pembaruan di Google Play Console, kini saatnya lihat di Admob sobat, buka akun Admob kemudian klik Semua aplikasi dan lihat didalam folder APP-ADS.TXT. Secara otomatis akan berubah terverifikasi. Namun tentu saja verifikasinya memerlukan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 24 jam atau mungkin 1 minggu dan nanti lihat hasilnya.



Selesai, Itulah cara membuat app-ads.txt gratis yang dipasang di Admob dan aplikasi kita, semoga sobat tidak pusing untuk menjalankan tutorialnya, semoga sehat selalu dan sampai jumpa. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasang app-ads.txt Admob Gratis"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...