Review Konten Rumah Belajar Tugas Tambahan Peserta VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah - Blogspot Syawal

Review Konten Rumah Belajar Tugas Tambahan Peserta VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh . Siang ini saya akan mereview 2 buah konten dari Rumah Belajar yang merupakan salah satu tugas sebagai peserta Virtual Coordinator Training 116 Sulawesi Tengah untuk dimasukkan ke kantong tugas. Jadi saya sudah memilih dua buah konten di beranda.

Yang pertama Buku seri pendidikan Orang Tua Bagaimana mendidik anak di era digital. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Disusun oleh Anne Gracia, dkk berisi 32 halaman full color.  




Bagian pertama menjelaskan tentang apa itu era digital, yaitu suatu masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital.

Bagian kedua menjelaskan perkembangan teknologi digital, ketika buku menjadi ebook, surat menjadi email, telpon rumah menjadi hp, dan sebagainya.

Bagian ketiga menjelaskan tentang manfaat dan resiko penggunaan teknologi digital, dimana penggunaan teknologi yang tepat akan sangat bermanfaat bagi penggunanya, tetapi jika digunakan secara berlebihan akan mempunyai resiko negatif.

Bagian keempat menjelaskan peran orang tua dalam mendidik anak secara digital agar pemanfaatan teknologi menjadi lebih bermanfaat dan terarah pada  hal yang positif.

Bagian terakhir menjelaskan bagaimana penggunaan perangkat digital yang tepat pada berbagai kelompok usia.

Buku ini merupakan konten yang cocok untuk pegangan orang tua dalam upaya meningkatkan partisipasi pendidikan anak, baik di pendidikan maupun di rumah. Namun di satu sisi ada penjabaran yang mungkin tidak bisa digeneralisir antara anak satu dengan yang lain perbedaan pola asuh, orang tua, dan lingkungan.

Buku kedua masih tentang Seri Pendidikan Orang Tua, Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Disusun oleh Asep Umar Fakhrudin, dkk berisi 20 halaman full color.  



Bagian pertama buku ini menjelaskan tentang kemandirian anak, yaitu kemampuan untuk bisa melakukan berbagai kegiatan, mengatur dan memilih serta memutuskan dan bertanggung jawab.

Bagian kedua menjelaskan faktor faktor yang mempengaruhi kemandirian anak mulai dari perilaku orang di sekitar, kebiasaan di lingkungan, dan pengalaman anak itu sendiri.

Bagian ketiga menjelaskan manfaat kemandirian pada anak yang dapat berupa rasa percaya diri, tanggung jawab, menumbuhkan kreativitas, dan tanggap dalam berpikir.

Bagian keempat menjelaskan mengapa anak harus mandiri dan bagaimana cara menumbuhkan kemandirian sejak dini.

Buku ini merupakan dokumen hidup yang sangat cocok untuk dijadikan pegangan bagi orang tua, namun tetap harus senantiasa diperbaiki dan dimutakhirkan sesuai dengan perubahan zaman.

Demikian review dari 2 buah buku di rumah belajar, semoga bermanfaat bagi teman teman semua dan diri saya pribadi. Wassalamualaikum wr wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Konten Rumah Belajar Tugas Tambahan Peserta VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...