Pengalaman Mengikuti Virtual Coordinator Training VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah - Blogspot Syawal

Pengalaman Mengikuti Virtual Coordinator Training VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah

Assalamualaikum wr.wb... Dipostingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya  mengikuti kegiatan yang diadakan oleh SEAMEO (South East Asia Minister of Edication Organization).
Awalnya saya mendapatkan informasi dari Teman semasa sekolah dulu di SMA Negeri 2 Bau-Bau untuk mengikuti kegiatan VCT Batch 5 lewat media sosial facebook yang dilaksanakan bulan Agustus 2019.

Saya mendaftar dan kemudian masuk Group VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah, dimana group tersebut dibuat oleh instruktur  atau pembimbing  VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah. Kemudian dari grup besar yang berjumlah lebih 200 orang guru hebat di sulawesi Tengah dipecah lagi menjadi beberapa grup kecil. Saya sendiri masuk di grup B pada VCT 115 Batch 5 Sulawesi Tengah.
Adapun Instruktur atau pembimbing di Group B VCT 116 Batch 5 Sulteng adalah :
1. Pak Salhuddin – Sulsel
2. Ibu Nur Munawwarah,- Gorontalo
3. Ibu Rosmiyati Hadi – Sulsel

Para instruktur banyak membantu saya dalam menyelesaikan tugas, memberi motivasi dan selalu support kegiatan training ini. Begitu banyak guru yang ikut serta dalam group VCT 116 Batch 5 ini, mencapai 200 guru di Sulawesi Tengah.

Jujur, pada awalnya saya sempat down, dan tidak percaya diri. Kenapa? Karena di group  tersebut semua guru yang ikut adalah guru yang berkompeten, memiliki pengalaman lebih banyak dari saya.
Sementara Saya bukan berlatar belakang guru, namun merupakan karyawan salah satu BUMN di Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan. Namun saya ingin mencoba bergabung dan menjadi pegiat literasi yang lebih baik lagi seperti guru-guru lainnya karena pekerjaan saya salah satunya menuntut kemampuan literasi untuk memasarkan produk keuangan kami.

Itulah kenapa saya semangat mengikuti training ini, "yang lain saja bisa, kenapa saya tidak bisa?" pertanyaan tersebut yang sangat memotivasi saya untuk terus belajar. Pada tanggal 14 Agustus 2019, saya memulai menjadi Presenter atau Narasumber bersama 2 guru yang luar biasa lainnya. Di sesi 3 saya menjadi presenter dengan judul materi : Tabungan Emas Pegadaian dan Pengenalan Aplikasi PDS (Pegadaian Digital Service)



Dan alhamdulillah, pada saat itu banyak guru yang ikut berpartisipasi menjadi peserta Vicon, dan dikesempatan tersebut saya mendapat banyak ilmu lagi, kenapa? karena dapat sharing dengan guru-guru yang luar biasa melalui vicon tersebut.

Saya pikir training ini sulit, dan menghabiskan waktu banyak. Namun ternyata, training ini sangat bermanfaat dan tidak sesulit yang saya pikirkan.  Waktu untuk mengikuti training ini juga sangat flexibel, bisa disaat jam kerja kosong, atau ketika kita sudah dirumah.

Setelah menjadi presenter di sesi 3 tanggal 14 Agustus, saya mencoba lagi menjadi presenter di sesi 2 bersama 2 rekan guru yang lainnya. Alhamdulillah berjalan lancar dan sangat menarik, dan pada tanggal 18 Agustus 2019 saya akan kembali mencoba menjadi presenter di sesi 2. Dan akan mencoba peran yang lainnya di sesi-sesi selanjutnya untuk melengkapi kantong tugas saya. Ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan selama masa pembekalan VCT 116 Batch 5 sejak awal Agustus lalu, diantaranya :

a). Membuat flyer untuk VCT 116 Batch 5 dengan postermywall.com
b). Membuat presensi atau absensi online dengan menggunakan googleform
c). Menjadi moderator yang baik dalam meeting online
d). Menjadi presenter atau pemateri secara online dengan menggunakan webex.com

Kapan diajarkan atau dilatih untuk menggunakan WEBEX?
Sebelum kita bertugas sebagai presenter,  host, dan moderator. Kita diberi materi terlebih dahulu tentang apa itu webex? bagaimana menggunakan fitur webex? bagaimana membuat flyer dengan menggunakan postermywall? bagaimana membuat presensi online? bagaimana me-record kegiatan meeting online dengan software FastStone Capture? dan banyak lagi yang lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengalaman Mengikuti Virtual Coordinator Training VCT 116 Batch 5 Sulawesi Tengah"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...