YouTube vs Blog, Mana yang Lebih Menguntungkan? - Blogspot Syawal

YouTube vs Blog, Mana yang Lebih Menguntungkan?

YouTube adalah salah satu platform yang sedang booming di kalangan masyarakat saat ini. Konten yang disajikan berupa video. Sedangkan blog adalah platform penulisan yang juga sedang populer di kalangan masyarakat. Kedua platform tersebut memiliki kelebihan masing-masing dan sama-sama bisa menghasilkan uang. Nah, jika YouTube vs Blog mana yang lebih menguntungkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ulas satu-satu terlebih dulu…



Ya, YouTube adalah salah satu platform media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, men-download, atau sekedar melihat video yang lagi trend di kalangan masyarakat. Saat ini banyak sekali YouTubers yang mengais penghasilan melalui media sosial yang satu ini. Lalu apa bedanya dengan blog yang juga bisa menghasilkan uang? Membandingkan peluang keuntungan YouTube vs blog, simak baik-baik dulu keuntungan bagi user YouTube berikut ini…
  1. Menguatkan Branding
Keuntungan menggunakan YouTube yang pertama adalah untuk menguatkan branding bagi sebuah bisnis, produk, organisasi, lembaga maupun institusi. Bagaimana bisa? Saat ini banyak sekali video unik dan keren di YouTube semakin diminati masyarakat. Bahkan, kini kabarnya konten di YouTube lebih menarik dibanding dengan TV. Jadi, ini adalah sebuah peluang untuk menguatkan branding.
  1. Pengelolaan Lebih Mudah
Dalam hal pengelolaan, YouTube lebih mudah dibanding dengan blog. Di blog Anda harus memilih template. Belum lagi harus utak-atik mengenai server hosting, CSS, HTML, optimasi SEO, Javascript, dan juga penanggulangan spam.
Nah, jika di YouTube Anda hanya perlu paham editing video. Bila dibandingkan dengan editing blog, pemahaman editing video ini lebih mudah.
  1. Melakukan Pemasaran Produk
Kini banyak sekali beauty vlogger atau beauty influencer, bahkan para pecinta endorse yang membagikan hasil review mereka di YouTube. Tidak mau ketinggalan, beberapa produk terkenal di seluruh dunia memanfaatkan YouTube untuk menaikkan minat dari pelanggan masing-masing.
Bagi Anda yang memiliki produk home made, juga bisa lho dipasarkan melalui YouTube. Tidak perlu membayar biaya iklan yang mahal, Anda pun bisa mendapatkan untung yang cukup besar. Brand lokal atau internasional yang sudah terkenal, biasanya juga memanfaatkan iklan YouTube untuk memasarkan produk mereka.
  1. Sumber Uang
Di YouTube, selain jualan atau memasarkan produk sendiri, Anda juga bisa menghasilkan uang lho via adsense. Ini adalah sebuah program dari Google untuk memonetize atau menjadikan video Anda bisa menghasilkan uang jika ditonton, karena adanya penayangan iklan.
Jadi, Anda harus daftar dulu di Adsense YouTube supaya bisa me-monetize video Anda. Sebagai catatan, untuk mendapatkan penonton yang banyak, maka video Anda harus menarik, unik dan terkonsep supaya cepat viral dan pundi-pundi uang bisa terkumpul. Jangan membuat video-video yang asal-asalan apalagi tidak layak ditonton.
Memang akhir-akhir ini pendaftaran Adsense YouTube lebih sulit. Ada persyaratan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Namun mengingat kemudahan lainnya, dalam hal ini YouTube lebih menguntungkan.
  1. Sistem Iklan Lebih Baik
Iklan di YouTube lebih menarik dan seragam dibanding di web atau blog. Jadi, para pengunjung tidak bingung saat menerima informasi dari iklan. Hasilnya, mereka lebih nyaman bahkan betah menonton sebuah video iklan.

Ok, kita lanjut mengulas kelebihan dari platform besutan Google yang lain, yaitu blog. Kalau ini sudah popular lebih dulu dibanding dengan YouTube. Untuk mendapatkan penghasilan dari blog, Anda harus mendaftar program Adsense atau menjual sebuah produk. Lalu, YouTube vs blog lebih menguntungkan mana?

1. Mendapat Uang dari Iklan
Keuntungan satu ini bisa Anda dapatkan dengan blog. Cara kerjanya sama seperti koran atau majalah. Jadi, Anda menyediakan tempat atau kolom iklan untuk orang yang mau iklan di blog.
Di sini patokannya adalah traffic atau pengunjung blog, Jika tinggi, maka semakin mahal juga tarifnya. Jadi, buatlah konten artikel yang bermanfaat, unik dan bermanfaat agar pengunjung tertarik dan betah untuk membaca di blog Anda.

2. Membangun Jaringan
Membangun jaringan bersama masyarakat secara langsung tidak lah mudah. Anda perlu berlari kesana-kemari untuk bertemu mereka satu per satu. Apalagi jika Anda adalah tipe pekerja sibuk. Namun, dengan menggunakan blog hal tersebut bukan masalah lagi. Anda akan tetap bisa membangun jaringan melalui media internet melalui tulisan-tulisan Anda. Jika tulisan Anda menarik, maka akan banyak pengunjung yang membaca. Sehingga, relasi jaringan Anda akan semakin banyak.

3. Mengembangkan Produk Bisnis
Jika Anda memiliki usaha offline, tidak ada salahnya untuk mengembangkan usaha Anda tersebut dengan cara membangun sebuah blog untuk mengembangkan brand. Dengan memanfaatkan blog ini, produk Anda bias lebih dikenal oleh masyarakat lokal bahkan hingga internasional.

4. Sumber Penghasilan Baru
Keuntungan YouTube dan blog adalah sama-sama merupakan media yang bisa menghasilkan uang. Jika YouTube bisa menghasilkan uang dengan cara menjadi YouTubers, di blog Anda bisa menghasilkan uang dengan banyak cara seperti menjadi blogger, content writer, web developer atau yang lainnya.
Di media blog Anda juga bisa memasang iklan lho, tidak kalah dengan YouTube. Untuk memasang iklan Anda bisa menggunakan Adwords, sebuah alat untuk mengiklankan blog agar bisa menjangkau lebih banyak pembaca.
Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan blog ke Adsense sama seperti YouTube agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang tanpa harus jualan produk fisik. Anda hanya membutuhkan konten artikel atau tulisan yang menarik untuk pembaca. Semakin banyak pembaca, semakin besar pula penghasilan yang akan Anda dapatkan.
Ini lebih mudah dibanding dengan YouTube karena Anda hanya butuh membuat konten Artikel, ya hanya menulis saja. Kalau YouTube Anda harus membuat sebuah video yang menarik dan tentunya memerlukan minimal sebuah kamera yang berkualitas agar hasilnya jernih.
Nah, kini Anda sudah tahu masing-masing keuntungan menggunakan YouTube dan blog. Kedua platform ini memiliki keunggulan masing-masing. Dari ulasan YouTube vs blogAnda bisa menentukan sendiri lebih menguntungkan yang mana? Menulis dan membuat konten video memang tidaklah mudah. Intinya adalah fokus dan terus berinovasi. Selamat mencoba….

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "YouTube vs Blog, Mana yang Lebih Menguntungkan?"

  1. Mantap infonya..sy juga mulai buat video YT nih

    ReplyDelete
  2. saya belum punya dua2nya,,mau coba dulu yang blog lah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...